5 Bukti Kedokteran Modern berasal dari Islam

09.56.00


Sebagai bukti bahwa kedokteran modern yang meraka anggap berasal dari Eropa, sebenarnya sudah dikembangkan oleh para sahabat Nabi, tabi’in, tabi’ut tabi’in dan generasi berikutnya adalah :
  1. Dalam Al Quran dan Al Hadits telah banyak disebutkan hal-hal yang berkaitan dengan ilmu kedokteran, baik kedokteran modern maupun kedokteran tradisional.
  2. Sebelum abad ke 18 M, belum ada buku tentang obat-obatan mata yang ditulis oleh orang Eropa. Mereka mengambil dari buku-buku karangan orang Islam seperti Kitabul ‘Asyroh Maqolat fil ’Ain (Sepuluh Problema Mata), Al Masail fil ‘Ain (Masalah-masalah Tentang Mata), Al Masail fith Thib (Masalah-masalah Pengobatan) yang ditulis oleh Hunain bin Ishaq Al Ubbadi pada tahun 810-878 M
  3. Pada zaman perang salib, para pasien Kristen, lebih menyukai dokter-dokter muslim dari pada dokter-dokter Kristen. Ini karena pada saat itu orang Islam lebih pintar dan ahli dalam pengobatan. Tsabit bin Qurroh adalah seorang tabib yang banyak mengobati tentara-tentara yang luka. Ia melihat sendiri bagaimana dokter-dokter Perancis mengobati dengan kejam hingga banyak yang gagal. Sehingga Raja Louis IX setelah selesai perang salib begitu tertarik dengan Rumah Sakit Nuruddin di Damaskus. Maka ia pun mendirikan sebuah rumah sakit yang bernama Les Quinze Vingt, yang sekarang menjadi rumah sakit mata terkenal di Eropa. Selain rumah sakit laiinya di Selarno dan Paris di Bologno dan Montpeller berdiri pula rumah sakit dan fakultas kedokteran yang bersendikan Islam.
  4. Istilah-istilah bahasa Arab telah menduduki bagian pendting dalam ilmu kedoktera. Sebagiian dokter yang tinggal di Italia bagian utara telah menulis buku-buku mereka dengan tetap menuliskan istilah-istilah arabnya. Hal itu disebabkan mereka tertinggal dalam pengembangan ilmu kedokteran. Beberapa istilah seperti sirup dari Syarab, tarted dari Thorthir, tared dari Thorohahu, alembic dari Anbiq, alkohol dari Alkuhul, alkali dari Al qoli, borax dari Buroq, elixir dari Al Iksir dll
  5. Hingga tahun 1139 M, di Eropa masih banyak bentuk pengobatan yang dilakukan secara tahayul dan mengada-ada. Orang-orang bodoh mengaku sebagai dokter, mengobati orang hanya untuk memungutt biaya atau sengaja sebagai alat pesanan untuk melakukan pembunuhan. Para dukun melakukan praktek bersalin yang sangat terbelakang dan masih banyak bermunculan pengobatan yang aneh-aneh.
Sumber : Keajaiban Thibbun Nabawi karya Aiman bin Abdul Fattah

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar