Ads 720 x 90

Apa sih keistimewaan kurma ?


Kurma selalu menjadi buah unggulan saat puasa. si hitam manis ini selain bisa diolah dengan berbagai cara, juga dapat diambil aneka manfaatnya. Tamr (kurma kering) berfungsi menguatkan sel – sel  usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus serta menguatkan rahim, terutama ketika ibu melahirkan.
Buah Kurma, Khas Buka Puasa Ramadhan
                Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah)
mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah massa sistolenya (kontraksi jaringan ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Buah kurma matang sangat kaya akan unsur kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan agar menyantap kurma untuk memudahkan persalinan serta membantu keselamatan sang ibu berikut bayinya.

                Mengapa kurma sangat dianjurkan menjadi hidangan untuk berbuka pusa? Karena ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula serta air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan oleh orang yang pertama kali dibutuhkan oleh orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang.

                Di lain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal, dia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut.

Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap bisa merasakan fenomena kelemahan dan gangguan0gangguan jasmani akibat kekurangn zat gula serta air. Buah kurma dapat mencegah stroke.

Selain itu, buah kurma yang direbus juga mampu memperlancar saluran kencing. Kurma kaya akan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti kalsium dan potasium. Buah kurma adalah makan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengonsumsi protein.

Kurma juga mengandung vitamin A yang dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit, serta menenangkan sel-sel saraf. Kurma salah satu sumber nutrisi yang sangat baik.

Jumlah kalori yang terkandung dalam kurma jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pisang maupun jeruk. Kurma juga mengandung vitamin B kompleks. Cukup dengan memakan lima atau enam buah kurma per hari, kebutuhan nutrisi pada tubuh anda akan terpenuhi.

Sumber : Buletin Nashirus-Sunnah edisi 1 tahun 1

Hasilkan konten-konten terbaikmu dan berkualitas dengan kegiatan-kegiatan di luar anda. Raih hadiah atau imbalan yang dibayar dengan uang Di App WhatsAround.

Unduh WhatsAround!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Suka Pakai Kaos?

Ingin tampil Casual tapi tetep Religius? Solusinya ini Kaos Dakwah Islami dengan ratusan desain bertema islami yang tentunya sangat nyaman kamu pakai.

Cocok buat hadiah atau baju lebaran nanti.

Kunjungi Situsnya Sekarang