Doa Sebelum Berjima' dan Manfaatnya

11.12.00

Doa Sebelum Berjima' dan Manfaatnya


بِسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ، وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillaahi, allaahumma jannibnaasy-syaithaana wa jannibisy-syaithaana maa razaqtanaa.


Artinya :

‘Dengan nama Allah, ya Allah jauhkanlah setan dari kami dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau rizkikan kepada kami.’


Dalilnya


عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ - رضى الله عنهما - قَالَ


Dari ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata :


قَالَ النَّبِىُّ - صلى الله عليه وسلم - لَوْ أَنَّ أَحَدَهُمْ إِذَا أَرَادَ أَنْ يَأْتِىَ أَهْلَهُ قَالَ


Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallama bersabda : ‘Seandainya salah seorang di antara mereka ketika mendatangi istrinya (untuk berjima’/ bersetubuh) mengucapkan : Bismillaahi, allaahumma jannibnaasy-syaithaana wa jannibisy-syaithaana maa razaqtanaa.yang artinya :‘Dengan nama Allah, ya Allah jauhkanlah setan dari kami dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau rizkikan kepada kami.’


فَإِنَّهُ إِنْ يُقَدَّرْ بَيْنَهُمَا وَلَدٌ فِى ذَلِكَ، لَمْ يَضُرَّهُ شَيْطَانٌ أَبَدًا

Lalu dari persetubuhan itu ditakdirkan mendapatkan anak maka ia tidak akan diganggu setan selamanya’”[HSR. Al Bukhari rahimahullahu dalam shahihnya no. 6388 dan Muslim rahimahullahu dalam shahihnya no. 3606]


Saudaraku seislam yang saya cintai, jika kita perhatikan hadits Nabi yang mulia tersebut, maka kita akan mendapatkan berbagai pelajaran dan perkara yang bermanfaat untuk kehidupan kita. Di antaranya adalah :
  1. Menunjukkan kesempurnaan ajaran Islam. Apa pun yang dibutuhkan seorang muslim untuk kebaikan dunia dan akhiratnya semuanya itu telah dijelaskan. Sampai-sampai urusan berjima’ saja ada tuntunan dan doanya. Maka segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kita kepada Islam dan menjadikan kita termasuk kaum muslimin.
  2. Menunjukkan bahwa setan adalah musuh yang nyata bagi manusia pada umumnya dan musuh kaum muslimin pada khususnya. Untuk itu sudah semestinya jika kita selalu memohon perlindungan kepada Allah dari gangguan setan dan tipu dayanya.
  3. Menunjukkan bahwa mendapatkan pasangan yang halal dan bisa berjima’ dengannya dengan cara yang dibenarkan syari’at termasuk rizki dan nikmat dari Allah Ta’aala.
  4. Hadits ini menunjukkan bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk selalu melakukan sesuatu berdasarkan ilmu dan bimbingan Rasul-Nya. Sampai-sampai dalam urusan berjima’ saja, seorang muslim diingatkan untuk berdoa sebelumnya, sebelum ia merasakan kenikmatan bersama istrinya.
  5. Hadits yang mulia ini menujukkan manfaat lain dari doa sebelum jima’ yaitu menjadi sebab perlindungan bagi keturunan yang lahir dari persetubuhan yang diawali dengan doa tersebut.


Subhanallah..Sungguh indah dan sempurnanya agama Islam. Maka nikmat Allah yang mana lagi yang kita dustakan?


JOIN TELEGRAM Doa-doa Pilihan Al-Ustâdz Ibnu Mukhtar




Kumpulan doa sehari-hari yang dikumpulkan Al-Ustâdz Ibnu Mukhtar disertai sumber pengambilannya



Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan Allâh membalas anda dengan kebaikan karena telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar