Ads 720 x 90

Mentadaburi Surat al-Anfaal ayat 25


Allah subhanahu wata’ala berfirman,
"Dan peliharalah diri kalian dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kalian. dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras siksaan-Nya." (QS. Al-Anfaal [8]: 25)

Di dalam ayat yang tersebut, Allah subhanahu wata’ala memperingatkan orang-orang yang beriman akan cobaan dan bencana yang apabila ia datang, maka sifatnya menyeluruh. Bencana itu akan menimpa semua orang secara umum, tidak hanya bagi orang-orang yang durhaka dan pendosa saja.

Dari Ummu Salamah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا ظَهَرَ الْمَعَاصِيْ فِيْ أُمَّتِيْ عَمَّهُمُ اللهُ بِعَذَابٍ مِنْ عِنْدِهِ

“Apabila perbuatan-perbuatan maksiat muncul di kalangan umatku, maka Allah akan menimpakan adzab dari sisi-Nya kepada mereka secara menyeluruh.”

Ummu Salamah bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah bila di antara mereka terdapat orang-orang yang sholeh?” Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, “Ya, ikut tertimpa adzab pula.” Ummu Salamah bertanya, “Lalu bagaimanakah nasib mereka selanjutnya?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Orang-orang sholeh itu ikut tertimpa adzab yang menimpa kaumnya, kemudian mendapat ampunan dan ridha dari Allah subhanahu wata’ala.” (HR. Imam Ahmad)

Maka hendaknya setiap orang mukmin memperhatikan dan mentadaburri ayat ini. Janganlah kita merasa aman tatkala muncul kemungkaran-kemungkiran di sekitar kita, sekalipun kita tidak ikut bermaksiat dengan mereka. Janganlah kita menyetujui kemungkaran-kemungkaran tersebut atau hanya sekedar membiarkannya. Hendaknya kita berusaha untuk mencegahnya dengan berdakwah.

Sebarkan jika Anda menyukai tulisan ini, insya Alloh pahala besar menanti Anda.

Hasilkan konten-konten terbaikmu dan berkualitas dengan kegiatan-kegiatan di luar anda. Raih hadiah atau imbalan yang dibayar dengan uang Di App WhatsAround.

Unduh WhatsAround!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Suka Pakai Kaos?

Ingin tampil Casual tapi tetep Religius? Solusinya ini Kaos Dakwah Islami dengan ratusan desain bertema islami yang tentunya sangat nyaman kamu pakai.

Cocok buat hadiah atau baju lebaran nanti.

Kunjungi Situsnya Sekarang