Ads 720 x 90

Kadar Garam, Suhu dan Kerapatan Air Laut

Kita ketahui bahwa air laut mempunyai rasa asin karena mengandung garam-garaman. Garam-garaman tersebut berasal dari batuan yang terdapat di daratan. Batuan itu mengalami pelapukan sehingga garam-garaman yang dikandungnya larut didalam air. Kemudian larutan itu dialirkan ke laut oleh sungai. Jika air laut menguap, garam-garaman tersebut tidak terbawa bersama uap air ke udara, tetapi tetap berada di laut.


Garam-garaman dalam air laut terutama terdiri dari natrium klorida, magnesium klorida, natrium sulfat, kalsium klorida dan kalium klorida. Pada setiap 1.000 gram air laut rata-tara terdapat 34,5 gram garam-garaman. Dengan kata lain, kadar garam air laut sama dengan 34,5 %0. Air laut dengan kadar garam sebesar ini terdapat sampai pada kedalaman 3.000 m.

GARAM-GARAMAN UTAMA AIR LAUT, RUMUS KIMIA DAN KADARNYA
Garam-garaman
Rumus Kimia
Kadar Garam (gram/1.000 gram air laut
Natrium Klorida
Magnesium Klorida
Natrium sulfat
Kalsium klorida
Kalium klorida
Lain-lain
NaCl
MgCl2
Na2So4
CaCl2
KCl
23
6
4
1
0,7
0,8
Jumlah

34,5
Di sekitar khatulistiwa kadar garam itu rendah karena banyaknya turun hujan. Laut yang terletak di daerah suhu tropik (antara 200 sampai 300 baik di utara maupun di selatan khatulistiwa) mempunyai kadar garam yang lebih tinggi karena kurang hujannya. Lagi pula penguapan di daerah itu amat besar. Misalnya kadar garam di Laut Merah 410/0 dan di Laut Tengah 380/0. Selanjutnya, kadar garam di muara sungai rendah karena pengaruh air sungai yang tawar.
Suhu air laut pada bagian permukaan di daerah tropik rata-rata 280 C. Di dasar lautan yang dalam suhu air laut itu mendekati 00 C. Dengan demikian, di daerah tropik terdapat perbedaan suhu yang cukup besar antara air laut di permukaan dan di dasar laut. Perbedaan suhu ini menyebabkan terjadinya gerakan vertikal air laut. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dapatkan pulsa gratis All Operator di androidmu
hanya dengan klik tombol dibawah ini

Hasilkan konten-konten terbaikmu dan berkualitas dengan kegiatan-kegiatan di luar anda. Raih hadiah atau imbalan yang dibayar dengan uang Di App WhatsAround.

Unduh WhatsAround!!!

Related Posts

There is no other posts in this category.
Subscribe Our Newsletter
iklan

Suka Pakai Kaos?

Ingin tampil Casual tapi tetep Religius? Solusinya ini Kaos Dakwah Islami dengan ratusan desain bertema islami yang tentunya sangat nyaman kamu pakai.

Cocok buat hadiah atau baju lebaran nanti.

Kunjungi Situsnya Sekarang