Ads 720 x 90

Jangan Berduka Atas Hilangnya Keuntungan Duniawi Karena Sakit

Apabila sakitmu menyebabkan hilangnya perolehan duniawi seperti kedudukan, harta dan lainnya, maka janganlah berputus asa dan berduka, sebab seluruh benda duniawi tidak layak ditangisi karena kehilangannya, karena dunia itu hina dalam pandangan Pencipta Yang Mengadakannya. Allah Awt. berfirman:
Ketahuilah bahwa sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak…[QS. Al-Hadid, 57: 20].

Diriwayatkan dari al-Mustaurid bin Syadad ra. dia berkata: Rasulullah Saw. bersabda,
Demi Allah, jika dunia dibandingkan dengan akhirat hanyalah seperti air yang terbawa telunjukmu yang dicelupkan kedalam lautan. Lihatlah apa yang terbawa oleh jari itu? [HR. Muslim]

Adapun yang dapat melenyapkan kegelisahanmu tentang rizki adalah pengetahuanmu bahwa sesungguhnya Allah telah menjamin rizki hamba-Nya, tidak akan dikurangi-Nya karena apapun, dan bahwa Allah telah menanggung rizki hamba, Allah berfirman :
Sesungguhnya Dialah Allah Maha Pemberi Rizki yang mempunyai kekuatan lagi sangat kokoh. [QS. Adz-Dzariyat, 51: 58]

Allah Ta’ala berfirman,
Dan tidak ada satu binatang melata di bumi melainkan Allah-lah yang member rizkinya, Dia mengetahui tempat diamnya dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz) [QS. Hud, 11: 6]

Jatah rizkimu telah ditentukan sejak kamu berada dalam perut ibumu, sebelum ditiupkan ruh kedalam jasadmu. Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud ra. Dia berkata: Rasulullah Saw. bersabda kepada kami, dan dia adalah orang yang paling benar, 
“Sesungguhnya penciptaan kamu terhimpun dalam perut ibumu selama 40 hari. Lalu ia menjadi degumpal darah selama 40 hari pula, lalu memjadi segumpal daging dalam 40 hari juga, kemudin Allah mengutus kepadanya malaikat dengan membawa 4 keputusan: ditetapkan amalnya, ajalnya, rizkinya, dan bahagia atau celakanya. Lalu ditiupkanlah ruh ke dalam jasadnya.” [HR. al-Bukhari].

Diriwayatkan dari Abu Darda ra. Dia berkata: Rasulullah Saw. bersabda,
Sesungguhnya rizki itu mengejar hamba sebgaimana ajal mengejarnya.” [HR. Al-Bazzar]

Diriwayatkan dari Jabir ra. bahwa Rasulullah Saw. bersabda,

Janganlah kamu menganggap terlambat atas rizki karena seorang hamba takkan meninggal sebelum rizki terakhir yang menjadi jatahnya diterima. Oleh karena itu, carilah rizki dengan baik: mengambil yang halal dan meninggalkan yang haram.” [HR. Ibnu Hibban].

Hasilkan konten-konten terbaikmu dan berkualitas dengan kegiatan-kegiatan di luar anda. Raih hadiah atau imbalan yang dibayar dengan uang Di App WhatsAround.

Unduh WhatsAround!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Suka Pakai Kaos?

Ingin tampil Casual tapi tetep Religius? Solusinya ini Kaos Dakwah Islami dengan ratusan desain bertema islami yang tentunya sangat nyaman kamu pakai.

Cocok buat hadiah atau baju lebaran nanti.

Kunjungi Situsnya Sekarang