Mengenal Sosok Imam Zuhud Syekh Abdul Qadir Jaelani

18.16.00

Syekh Abdul Qadir Jaelani adalah seorang imam yang zuhud dari kalangan sufi. Nama lengkap beliau adalah Abdul Qadir bin Abi Sholih Abdulloh bin Janki Duwast bin Abi Abdillah bin Yahya bin Muhammad bin Daud bin Musa bin Abdillah bin Musa al-Hauzy bin Abdulloh al-mahdh bin Al-Hasan al-mutsanna bin al-Hasan bin Ali bin Abi Tholib Al-Jailani dinisbahkan ke sebuah tempat di dekat thobristan yaitu Jiil, atau Jilan atau Kilan.

Beliau lahir pada tahun 471 H / 1079 M di Jailan. Di masa mudanya beliau pergi ke Baghdad dan belajar dari al-Qadhy Abi Sa’d al-Mukhorromy. Beliau pun banyak meriwayatkan hadits dari sejumlah ulama pada masanya di antaranya adalah Abu Gholib al-Baqillany dan Abu Muhammad Ja’far as-Sirraj.

Dalam sebuah riwayat dari Syekh ‘Izuddin bin Abdissalam mengatakan:
“Tidak ada seorangpun yang karamahnya diriwayatkan secara mutawatir  kecuali Syekh Abdul Qadir Jiilany.”

Syekh Nuruddin asy-Syathonufy al-Muqry mengarang sebuah buku yang menjelaskan tentang siroh (sejarah) dan karamah beliau dalam 3 jilid, didalam buku tersebut dikumpulkan semua kabar berita yang berkaitan dengan syekh Abdul Qadir Jaelani baik itu berita yang benar, palsu maupun hanya cerita rekaan. wallahu a’lam.

Di antara cerita yang terdapat dalam buku tersebut, diceritakan sebuah kisah yang diriwayatkan dari Musa bin Syekh Abdul Qadir al-Jaelani ia berkata:
Aku mendengar ayahku bercerita : Pada suatu waktu, ketika aku sedang berada dalam perjalanan di sebuah gurun. Berhari-hari lamanya aku tidak menemukan air dan aku sangat kehausan. Tiba-tiba ada awan yang melindungiku dan turun darinya setetes air kemudian aku meminumnya dan hilang rasa dahagaku, kemudian aku melihat cahaya terang benderang, tiba-tiba ada suara memanggilku,  “Wahai Abdul Qodir, Aku Rabbmu dan Aku telah halalkan segala yang haram kepadamu.”

Maka Abdul Qodir berkata:
“Pergilah wahai engkau Syetan terkutuk.”

Tiba-tiba langit berubah menjadi gelap dan berasap, kemudian ada suara yang mengucapkan:
“Wahai Abdul Qodir, engkau telah selamat dariku (syetan) dengan amalmu dan fiqihmu.”
Itulah sedikit kisah tentang Abdul Qodir Jaelani seorang Imam Zuhud.
Syekh Abdul Qadir memiliki 49 orang anak, 27 di antaranya adalah laki-laki. Beliaulah yang mendirikan tariqat al-Qadiriyah. Di antara tulisan beliau antara lain kitab :
  • Al-Fathu Ar-Rabbani, 1 / 2 Al Ghazali (450 - 505 H) Sholahuddin Al Ayyubi (532 - 589 H) Syekh Abdul Qadir Al Jailany (471-561 H)
  • Al-Ghunyah li Thalibi Thariq Al-Haq dan
  • Futuh Al-Ghaib.
Beliau wafat pada hari Ahad, 10 Rabi’ul Akhir tahun 561 H bertepatan dengan 20 Februari tahun 1166 M pada saat usia beliau 90 tahun.




Demikian, Semoga Bermanfaat...

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

2 komentar