Ads 720 x 90

Mengapa Harus Mengucapkan Jazakallahu Khairan


Sahabat, sering kali kita mendapatkan berbagai kebaikan dari orang-orang di sekitar kita baik itu berupa harta, bantuan/pertolongan, ilmu yang bermanfaat, atau kebaikan-kebaikan lainnya. Lalu bagaimana seharusnya sikap kita sebagai seorang muslim sebagai tanda penghargaan dan terima kasih atas kebaikan orang lain.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,
 

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ
"Tidak bersyukur kepada Allah seorang yang tidak bersyukur kepada manusia." (HR. Abu Daud, shahih)

Oleh karena itu, sudah seharusnya bagi kita untuk senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada orang yang telah memberikan kebaikan kepada kita. Bahkan syariat Islam yang mulia ini menganjurkan kepada kita agar membalas kebaikan setiap orang yang pernah berbuat kebaikan kepada kita sebagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ
 "Dan barangsiapa yang berbuat kepada kalian kebaikan maka balaslah. Jika ia tidak mendapati sesuatu untuk membalasnya, maka doakanlah ia sampai kalian melihat bahwa kalian sudah membalasnya." (HR. Abu Daud)

Akan tetapi seandainya kita tidak mendapati sesuatu yang dapat membalas kebaikannya maka doakanlah ia dalam berbagai kesempatan, dan sampaikanlah terima kasih dengan ucapan Jazakallah khairan dan inilah sebaik-baik ucapan terima kasih sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam,

مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ
Barangsiapa yang diberikan kepadanya suatu kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: Jazakallah khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian (benar-benar dalam berterima kasih)." (HR. Tirmidzi, shohih)

Jika orang yang memberikan kebaikan adalah perempuan, maka diganti dengan ucapan Jazakillahu khairan, dan apabila jamak (banyak orang) maka ganti dengan ucapan Jazakumullahu khairan.
 
Sebarkan jika Anda menyukai tulisan ini, insya Alloh pahala besar menanti Anda

Sumber
Shirotul Mustaqim Whatsapp Broadcast(SM)
Join Channel Telegram

Hasilkan konten-konten terbaikmu dan berkualitas dengan kegiatan-kegiatan di luar anda. Raih hadiah atau imbalan yang dibayar dengan uang Di App WhatsAround.

Unduh WhatsAround!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Suka Pakai Kaos?

Ingin tampil Casual tapi tetep Religius? Solusinya ini Kaos Dakwah Islami dengan ratusan desain bertema islami yang tentunya sangat nyaman kamu pakai.

Cocok buat hadiah atau baju lebaran nanti.

Kunjungi Situsnya Sekarang