Ads 720 x 90

Kepribadian Nabi Saw Yang Penuh Keistimewaan

Memang tiada yang tidak istimewa dalam diri Rasulullah Saw. Mulai dari akhlak, fisik jasmani dan rohani, mental dan spiritual, semuanya tumbuh dalam diri Muhammad Rasulullah Saw., dengan penuh keistimwaan. Bahkan keistimewaan dalam diri beliau lebih dalam skala yang berlipat ganda dibandingkan dengan Rasul-rasul sebelumnya. Dikarenakan tidak ada seorang Nabi dan Rasul yang memiliki keistimewaan melebihi Rasulullah Saw., beliau lah yang menjadi imamnya para Rasul dan Nabi sehingga beliu dijuluki “Sayyidul Anbiya”.

Tentang keistimewaan Rasulullah Saw., Abu Hurairah ra., pernah meriwayatkan mengenai keistimewaan beliau, bahwa Rasulullah Saw., pernah bersabda :
“Aku adalah pemiimpin anak Adam di hari kiamat dan yang pertama kali keluar dari bumi. Aku adalah pember syafa’at pertama dan yang pertama diterima syafa’atnya !”

Keistimewaan Rasulullah Saw., juga terabadikan dalam kitab-kitab klasik seperti dalam kitab “Daq’iqul Akhbar” : Ketika alam ini dalam keadaan sunyi, karena semua makhluk Allah telah mati, maka Allah menghidupkan malaikat Jibril, Mikail, Israfil dan Izrai, mereka lalu diperintahkan Allah untuk mencari kuburan Muhamma Saw., setelah mereka menemukan makam beliau, maka malaikat Izrail memanggilnya :
“Wahai Muhammad, bangunlah untuk memutuskan hukum dan hisab, serta untuk menghadap Dzat Yang Maha Penyayang !”

Akhirnya pecahlah kuburan tersebut, ketika itu, Rasulullah Saw., dalam kuburnya sedang membersihkan debu dari kepalanya dan jenggotnya. Lalu malaikat Jibri memberika kepada beliau 2 pakaian dan kendaraan Buroq. Selanjutnya Rasulullah Saw., bertanya kepada Jibril :
“Wahai Jibri, hari apa ini?”

Jibril menjawab :
“Ini adalah hari kiamat, hari kerugian, hari penyesalan, hari Buroq, hari berpisah dan hari bertemu”.

Kemudian Rasulullah Saw., berkata :
“Wahai Jibril, gembirakanlah aku”

Jibril menjawab :
“Surga benar-benar telah diperhias karena kedatanganmu, neraka telah ditutup”.

Rasulullah Saw., berkata kepada Jibril :
“Aku tidak bertanya tentang hal tersebut, tetapi aku meminta penjelasan kepadamu tentang umatku yang banyak berdosa, barangkali kamu meninggalkan mereka di Shirath (Jembatan penyeberangan yang ada diatas neraka).

Israfil lantas menjawab :
“Wahai Muhammad, Demi kemuliaan Tuhanku, aku belum meniup Sangkala untuk membangkitkan makhluk Allah sebelum kamu bangkit lebih dahulu”.

Selanjutnya beliau berkata :
“Sekarang hatiku bahagian dan menjadi segar mataku”

Kemudian Rasulullah Saw., mengambil Mahkota dan pakaian, setelah memakai mahkota dan pakaian beliau lalu naik Buroq.

Keistimewaan beliau yang lain adalah seperti yang beliau sabdakan sendiri “Aku dilebihkan atas para Nabi dengan 6 perkara :
  1. Aku diberi Jawaami’ul Kalim (Kata singkat yang mempunyai makna luas)
  2. Aku ditolong dengan pemberian rasa takut.
  3. Dihalalkan bagiku Ghanimah (harta rampasan perang)
  4. Dijadikan bagiku bumi sebagai tempat sujud dan suci
  5. Aku diutus kepada seluruh umat manusia
  6. Aku adalah penutup para Nabi


Dalam sabdanya yang lain : 
“Sesungguhnya perumpamaanku dengan para Nabi semebul aku adalah seperti seorang yang mendirikan bangunan. Lalu mengaturnya dengan baik dan indah, kecuali satu bata dari salah satu sudutnya. Orang-orang mengelilinginya dan mengaguminya. Mereka berkata, Mengapa tidak diletakkan saja bata ini ?. Maka akulah bata itu dan akulah penutup para Nabi”.

Rasulullah Saw., bersabda :
Sesungguhnya aku telah ditulis di sisi Allah sebagai penutup para Nabi disaat Adam bersemayam dalam persemayamannya. Akan kuberitahukan kepada kalian tentang awal kelahiranku : Yaitu doa Ibrahim, kabar gembira Isa dan mimpi ibuku ketika hendak melahirkanku yang melihat bersinarnya cahaya yang datang darinya dan menerangi seluruh bangunan di Syam”.

Dalam riwayat lain disebutkan, beliau berkata :
Kemudian aku mohon kepadaNya agar tidak menjadikan musuh dari selain mereka menguasai mereka, maka Allah mengabulkannya”

Apa yang disabdakan oleh Rasulullah diatas sekarang terbukti, umat Islam sering berkelahi dan berperang dengan sesama Islamnya hanya karena berebut jabatan, kekuasaan, pengaruh dan perbedaan madzhab. Keadaan ini bila tidak cepat disadari oleh umat Islam itu sendiri maka merekka akan hancur dan lemah. Yang pada akhirnya mereka mudah dikalahkan oleh kaum non muslim yang tidak henti-hentinya cari kelemahan umat Islam untuk dihancurkan.

Mengenai keistimewaan yang dimiliki oleh Rasulullah Saw,. Pernah beliau sampaikan diihadapan para shahabatnya :
Aku adalah juru syafaat pertama di surga. Tidaklah seorang Nabi dipercaya seperti kepercayaan umatku kepadaku. Ada seorang Nabi yang tidak dipercaya oleh umatnya, kecuali satu orang dari mereka.”

Dalam sabda Rasulullah Saw., yang lain, beliau pernah mengatakan : “Aku adalah Nabi yang terbanyak pengikutnya di hari kiamat dan aku adalah orang pertama yang mengetuk pintu surga.”


Masih banyak lagi keistimewaan-keistimewaan lain yang hanya dimiliki oleh Rasulullah Saw pada artikel disini., sekian semoga bermanfaat.

Download Artikel Ini!


Hasilkan konten-konten terbaikmu dan berkualitas dengan kegiatan-kegiatan di luar anda. Raih hadiah atau imbalan yang dibayar dengan uang Di App WhatsAround.

Unduh WhatsAround!!!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter
iklan

Suka Pakai Kaos?

Ingin tampil Casual tapi tetep Religius? Solusinya ini Kaos Dakwah Islami dengan ratusan desain bertema islami yang tentunya sangat nyaman kamu pakai.

Cocok buat hadiah atau baju lebaran nanti.

Kunjungi Situsnya Sekarang