BAGAIMANA MENASEHATI SUAMI AGAR TIDAK MENINGGALKAN SHOLAT

Question Answer 📌

الوسطية والاعتدال

BAGAIMANA MENASEHATI SUAMI AGAR TIDAK MENINGGALKAN SHOLAT ❓❓ 



● Tanya :

Assalaamu'alaikum Ustadz, ana ingin bertanya bagaimana ya caranya menasehati suami yang masih suka bermalas-malasan untuk sholat (bila diingatkan malah suka marah dan membentak istrinya).
Mohon bimbingannya.
Jazaakallahu khayran Ustadz...

➖➖➖➖➖

● JAWAB :

بــسم اللّٰـه

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته

1. Hendaknya isteri mendalami ilmu agama dan berbekal dengan dalil syar'i. Kemudian berupaya mengamalkan ilmu tersebut, lalu mendakwahkan dengan cara yang baik. Ngajak ngaji, kasih hadiah buku, lihatin video dakwah, dengarkan kajian dakwah di radio atau selainnya, terus ajak dia untuk sholat...

2. Memberi tahu suami secara asal dengan cara baik-baik, hingga cara tegas jika ia masih bermalas-malasan. Karena sholat itu pilar Islam, yang menurut mayoritas sahabat, meninggalkan sholat dengan sengaja karena males, maka KAFIR MURTAD dari Islam.
Walau jumhur fuqoha beranggapan tidak sampai kafir (selama tidak meninggalkan sholat sama sekali), namun ia telah berdoa besar lebih dari zina, Khamr, dll.

3. Mendoakannya dengan kebaikan dan meminta kepada Allâh di waktu-waktu mustajabah agar Allâh memberikan hidayah kepadanya.

4. Bersabar di dalam mendakwahinya, mengajak kepada kebaikan, mendo'akannya, dan seterusnya...

5. Jika suami tidak mau berubah atau masih ngeyel, maka boleh isteri melakukan tuntutan cerai dan ini dibolehkan bahkan dianjurkan.
Karena wanita yang baik adalah dengan laki yang baik. Tidak layak wanita yang qonitat (patuh lagi menegakkan sholat) tinggal dengan pria yang fasik fajir lagi pendosa. Apalagi dampaknya juga bisa mempengaruhi pendidikan anak-anak yang terpengaruh dengan bapak yang malas-malasan sholat.

6. Boleh mengancam suami dan menuntut dia jika ingin masih menjadi suami, agar menegakkan sholat. Jika ia tidak mau wanita dianjurkan untuk menuntut cerai dari model suami seperti ini.

Wallâhu a'lam.


✍ Al-Ustâdz Abu Salma, Muhammad bin Burhan bin Yusuf Al-Atsari @abinyasalma

______________

✉Grup WhatsApp _Al-Wasathiyah Wal I'tidål_
♻Telegram:  https://bit.ly/abusalma
🌐 Blog : alwasathiyah.com
💠Facebook : http://fb.me/abinyasalma81
🔰Youtube : http://bit.ly/abusalmatube
📷 Instagram : http://instagram.com/abinyasalma/
🌀Mixlr : http://mixlr.com/abusalmamuhammad/

-AWWI 3-



♻ Republished by MRA Al-Jafari Al-Alabi
📂 Grup WA & TG : Dakwah Islam
🌐 TG Channel : @DakwahAkhawat

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu, menjadi sebab hidayah, dan Allâh membalas anda dengan kebaikan dan menjadi amal jariyah, serta memudahkan jalan kita menuju Jannah. آمِينَ.


EmoticonEmoticon

http://ahref.co/ocpu
loading...

Daftar Blog Saya