15 Efek Buruk Berbuat Maksiat

23.41.00

Azab MaksiatManusia merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah secara SEMPURNA dengan kemampuan AKAL-nya yang dapat membedakan mana hal baik ataupun buruk....

Jika kesempurnaan Ciptaan Allah ini tidak digunakan secara benar maka manusia akan terjerumus dalam kemaksiatan yang akan berdampak pada dirinya, sebagai berikut :




1. Allah Murka

Dalam hadits Qudsi Allah berfirman : Aku Allah, Tidak ada Robb melainkan Aku. Jika ditaati, maka Aku akan meridhai. Jika didurhakai, maka Aku akan murka. Jika Aku murka, maka Aku akan melaknat. Laknat-Ku akan sampai pada tujuh turunan.

2. Penghalang Datangnya Rezeki
Rezeki datang dari langit. Rezeki terputus lantaran  perbuatan maksiat. Rezeki akan  berkurang hanya karena perbuatan maksiat.

3. Penghalang dalam memperoleh Ilmu
Imam Malik berkata kepada Imam Syafi’i, “ Aku melihat bahwa Allah telah menyinari wajahmu dengan ilmu. Oleh karena itu, jangan engkau padamkan cahaya ilmu dengan perbuatan maksiat.”

Salah seorang dari Salafush shalih mengeluhkan kesulitannya dalam menghafal Al Qur’an dan memperoleh ilmu. Dia berkaa  : Aku mengadu kepada Waki tentang buruknya hafalanku, Dia memberiku petunjuk untuk meninggalkan perbuatan maksiat . Dia mengatakan bahwa ilmu itu Cahaya, Cahaya Allah tidak memberi petunjuk  kepada orang yang berbuat maksiat.

4. Cobaan yang Berat
Imam Ali ra berkata, “Musibah hanya akan datang karena adanya perbuatan maksiat. Musibah akan hilang dengan bertobat.”

5. Merasa terasing dari Allah
Dalam keadaan demikian, Anda merasa tidak mengetahui bagaimana caranya mendekatkan diri kepada Allah.

6. Merasa terasing dari Lingkungan
Anda merasa asing dari lingkungan walaupun hidup ditengah-tengah keluarga. Dengan ungkapan yang indah seorang ulama berkata, “Aku melihat dampak dari perbuatan maksiat yg telah aku lakukan pada prilaku istriku, anak-anakku dan binatang piaraanku. Binatang piaraanku  tidak  mau berjalan, anak-anak memperlakukanku dengan buruk, dan istriku tidak mentaatiku. Mengapa? Ini semua karena perbuatan Maksiat.”

7. Kebencian orang Mu'min
Imam Syafi’I berkata, “Salah seorang dari kalian hendaknya berhati-hati, sebab bisa jadi orang-orang beriman melaknatmu, namun engkau tidak mengetahui.”Kemudian beliau ditanya , “Mengapa hati orang-orang beriman melaknatku namun aku tidak mengetahui ?” Beliau menjawab, “Engkau berbuat maksiat kepada Allah, kemudian Allah menanamkan kebencianNya pada hati orang-orang beriman.”

8. Hati yang Gelap & Raut Muka yang Suram
Ibnu Abbas ra berkata, “Perbuatan maksiat dapat membuat wajah dan hati menjadi gelap, menanamkan kebencian dihati manusia, melemahkan tubuh, dan rezeki menjadi sempit. Sedangkan ketaatan dapat  membuat  wajah menjadi bersinar dan hati bercahaya, dicintai banyak orang, menguatkan tubuh dan menjadikan rezeki lapang.

9. Hasrat untuk mengerjakan kemaksiatan yang lain
Salah satu dampak dari berbuat maksiat adalah menarik para pelakunya untuk mengerjakan perbuatan maksiat yang lain

10. Terhalang melakukan Ketaatan
Perbuatan maksiat akan membuat seseorang berat untuk melakukan ibadah kepada Alloh

11. Kehinaan di sisi Allah
Seorang Muslim akan menghargai Allah Saw.. Jika seseorang melakukan maksiat terhadap Allah, maka dia merendahkan Allah. Hasan Al-Bashri berkata,”Jika ingin merendahkan Allah, maka berbuatlah maksiat. Seandainya mereka menghargai Allah, maka Dia akan menjaga mereka.

12. Kehinaan dalam Hati
Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. ( QS. Fathir /35 : 10 ).

13. Melemahkan Akal
Seorang ulama berkata, “Barangsiapa berbuat maksiat, maka sebagian akalnya akan lenyap dan tidak akan kembali hingga hari kiamat.”

14. Petaka Akibat Maksiat
Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari ( akibat ) perbuatan mereka , agar mereka kembali ( ke jalan yang benar ). QS. AR-RUM/30 : 41

15. Mulut Anda akan berkhianat kepada Anda

Semoga Bermanfaat...
Tolong, Sebarkan melalui tombol SOSMED dibawah ini!!!

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

1 komentar