Ini Tipsnya Memijat Bukan Berarti Asal Memijat



1. TIPS MEMIJAT

Leher

Pada bagian ini si pasien dianjurkan dengan posisi tubuh miring.

Punggung

Di bagian ini penderita dianjurkan tidur telungkup dengan alas bantal / benda yang nyaman untuk menahan keseimbangan tubuhnya dan si pemijat dengan tangan lurus memijat bagian yang sakit

Perut

Posisi yang memijat adalah menjaga keseimbangan tubuhnya dan lengan yang lurus memijat. Si pasien dengan posisi tidur terlentang rileks, mulut menganga dan kedua tangan diletakkan disamping tubuh.


Punggung

Di bagian ini dianjurkan agar tubuh si pemijat ikut berpindah sesuai letak titik refleksi yang dipijat.

Kaki

Si pemijat melakukan posisi bertekuk satu lutut. Sedangkan si pasien dengan posisi tidur telungkup atau telentang.

Pundak

Di bagian ini si pasien diharapkan untuk duduk dan kaki diluruskan. Sedangkan si pemijat dengan posisi lutut menahan punggung pasien yang sedang duduk tadi dan lengan si pemijat lurus untuk memijat.

2. TEKNIK MEMIJAT

Memijat bukan berarti asal memijat dengan keras ataupun pelan-pelan di bagian yang sakit. Tetapi diperlukan titik refleksi dan lama memijat titik tersebut. Lama memijat satu titik dianjurkan untuk 2-3 menit saja dengan tujuan agar merelaksasikan otot di titik tersebut lebih dahulu.

Apabila pemijatan sedang dilakukan dan terasa ada ganjalan dibagian tersebut, maka pijatlah terus titik tersebut karena itulah sebab sakit tersebut dan itu akan melancarkan sirkulasi aliran darah, sehingga kemungkinan sembuh akan sangatlah besar.

Anda juga bisa menggunakan benda tumpul untuk membantu pemijatan asal beda tersebut tidak melakui tubuh ana. Ada juga hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pemijatan :

Bagi anda yang menderita sakit tulang pijatlah dengan keras agar cepat sembuh.

Pada penderita rematik dan infeksi apabila timbul bintik-bintik kehitaman pada waktu pemijatan berlangsung, jangan takut sebab ini gejala baik dan anda bisa meneruskan pemijatannya.

Cara memijat dengan tidak terlalu keras dilakukan untuk penderita kencing manis, lever, jantung dan kanker dan setiap titik refleksi boleh dipijat lebih dari 2 menit.

Dilarang melakukan pemijatan kira-kira 1 jam setelah makan.

Selama waktu pemijatan berlangsung anda dianjurkan untuk menghentikan obat-obatan dari apotek. Karena obat tersebut bisa menghambat kesembuhan. Kecuali penderita jantung dan kencing gula obat-obatan masih diperlukan.

Anda dianjurkan untuk minum air putih 2-3 gelas (500 cc) setelah selesai pemijatan. Hal tersebut sangat membantu karena memudahkan membuang kotoran di dalam tubuh dan bagi anda yang menderita ginjal berat, jangan minum air putih lebih dari 150 cc.

Setelah anda melakukan pemijatan jangan mencuci tangan dulu. Hal ini dianjurkan karena untuk menjaga kebersihan diri anda sendiri.

Jangan memaksakan untuk memijat jika kondisi badan si pemijat atau anda tidak baik. Karena ini bisa menyebabkan anda mudah sakit

Untuk memijat daerah titik refleksi kelenjar jangan keras-keras. Hal tersebut menjaga agar tidak terjadi reaksi yang lainnya.

Bagi anda yang mempunyai penyakit serius sebaiknya pemijatan dilakukan oleh para profesional atau ahli.

Sedangkan di bawah ini akan dijelaskan beberapa teknik memijat yang akan membantu anda untuk menyembuhkan penyakit yang anda derita :

Menekan

Kunci keberhasilan dari teknik ini adalah anda berkonsentrasi dan membayangkan seluruh kekuatan anda tertuju pada tubuh penderita dengan pucuk jari atas.

Memenyet

Teknik ini dilakukan dengan cara memenyet titik refleksi yang ada benjolannya. Agar sirkulasi aliran darah kembali lancar.

Menggetarkan

Caranya mudah yaitu dengan memijat sambil menggetarkan tangan dibagian yang dipijat tersebut. Metode ini dapat mengobati kebal rasa dan juga bisa memulihkan kerja otot dan saraf.

Mengusap

Anda dapat memulainya dengan menempatkan telapak tangan anda secara merata di titik yang akan dipijat. Kemudian gunakan ibu jari dan telunjuk untuk memulai memijat. Tetapi jangan menekannya terlalu kuat, metode ini dapat memperlancar aliran darah dan saluran limpa.

Pijat memutar

Gerakan dalam pijatan jenis ini dipusatkan dari pergelangan tangan secara rileks dengan cara menggetarkannya dan apbila anda merasakan sakit pada waktu pemijatan berlangsung, segera hentikan pijatan tersebut.

Meremas-remas

Teknik ini menggunakan semua jari tangan dan pijatlan otot yang menyeberangi sendi. Pijat jenis ini dapat meringankan gejala sakit sendi dan dapat melemaskan oto-otot yang kaku.

Memukul-mukul

Gunakanlah telapak tangan, sisi tangan, pucuk-pucuk jari kelingking. Caranya dengan memukul-mukul dibagian yang sakit secara ringan dan ritmis. Teknik ini dapat merelakskan otot saraf.

-------------------------------------------------------------------------------------------------

Dapatkan PULSA GRATIS All Operator dengan klik dibawah ini

Klik Disini


EmoticonEmoticon

http://ahref.co/ocpu
loading...

Daftar Blog Saya